Sunday, 5 April 2015

[Sebuah Studi pada] TVC Post-it Super Sticky Notes

Pasti udah kenal atau setidaknya pernah dengar brand "Post-it", bukan?

Produk Post-it Super Sticky Notes adalah salah satu variasi dari Post-it notes dengan kelebihan memiliki lem luar biasa lengket yang dijamin tidak akan lepas dalam waktu lama. Berguna untuk menyimpan catatan penting di mana saja, baik di dinding, lemari, ataupun pintu lemari es. Tulisan juga tidak cepat luntur di atas notes ini.
Produk ini juga dikenal dengan nama Post-it Super Sticky Full Adhesive Notes dan tersedia dalam dua ukuran, 3 x 3 inch (7,5 x 7,5 cm) dan 2 x 2 inch (5 x 5 cm). berbagai varian warna:
Varian warna Post-it Super Sticky Notes (amazon.com)

Tumpukan notes ini juga dapat ditempelkan pada suatu permukaan (misalnya laptop, bagian dalam binder, atau meja) dan menjadi dispenser notes alami: Demo

Produk ini juga memiliki beberapa varian TVC, salah satunya adalah


Screencaps iklan

Dalam TVC tersebut ditampilkan seorang anak kecil yang sedang bermain sendiri di sebuah rumah. Seharusnya ada sang ibu yang menjaganya, tetapi sang ibu mungkin sedang sibuk dan berada di ruangan lain. Sang ayah tidak ada di rumah karena tentunya sedang bekerja. Sang anak sedang menggeser sebuah kursi kecil (atau biasa disebut jojodog dalam bahasa Sunda :D). Jojodog itu digunakannya untuk mengambil selembar Post-it Super Sticky Notes berwarna kuning yang ditempel di dinding. Sang anak meloncat dan berpegangan pada selembat notes tersebut dan tidak jatuh, membuktikan bahwa daya rekat dari notes tersebut sangatlah bagus. Sang ibu datang lalu mengambilkan notes tersebut untuk anaknya.
Melihat jalan cerita yang ada, dapat disimpulkan bahwa iklan tersebut mewakili tema keluarga, lebih spesifik lagi tentang anak-anak. Juga menunjukkan bahwa warna kuning Post-it Notes adalah warna yang mencolok sehingga menarik perhatian anak tersebut.
Inti dari iklan tersebut adalah bahwa Post-it Super Sticky Notes memiliki daya rekat luar biasa sehingga dapat menahan anak tersebut agar tidak jatuh. Dapat dilihat pula bahwa selain untuk menjadi catatan pengingat, Post-it Notes juga dapat menjadi sarana bermain anak-anak.
Gaya hidup yang diwakili iklan tersebut adalah aktif, karena sang anak pada masanya adalah seorang individu yang aktif alias tidak mau diam.

Target audience iklan:
Orang tua (ayah dan ibu) yang mempunyai anak balita (yang tidak diragukan lagi aktifnya minta ampun), berusia 27-40 tahun, tinggal di daerah urban, dan berpenghasilan menengah ke atas (karena harga Post-it Notes yang cukup mahal)

Melihat spesifikasi tersebut, maka produk ini akan cocok bila digunakan oleh aktris Angelina Jolie. Aktris papan atas Hollywood tersebut dikenal telah mengadopsi anak dari berbagai negara, seperti Maddox (Kamboja), Pax (Vietnam), Zahara (Ethiopia), dan mempunyai tiga orang anak kandung, yaitu Shiloh dan si kembar Knox dan Vivienne. Angelina bisa saja membuat permainan atau mengajarkan berbagai bahasa pada anak-anaknya dengan menggunakan Post-it Super Sticky Notes. Dikarenakan variasi warna yang menarik sehingga anak-anak akan tertarik dan tidak cepat bosan. Tulisan juga tidak akan cepat luntur di atas notes ini, juga akan mudah ditempel di ruang bermain atau di dinding tanpa takut akan lepas dan menjadi sampah.

0 comments:

Post a Comment